Sekilas Mengenai GBT#7

Seperti yang ditulis dalam blognya, "Gerilya Bawah Tanah (GBT) merupakan sebuah media ekspresi bebas yang diorganisir secara kolektif, bebas dan setara."
Event ini digagas dan dikoordinir oleh komunitas anak muda yang menamakan Total Riot Community (1995-1999) yang merupakan gabungan dari anak muda dari berbagai kampung di Jember yang berkumpul dengan para mahasiswa yang aktif dalam komunitas musik indie dengan nama awal Punkernative. Di masa ini tentu sekat pemisah antara mahasiswa dan kaum remaja pinggiran sangat kontras, dan diskriminatif. Namun pada akhirnya sekat tersebut runtuh ditandai dengan event bernama Pentas Alternative 12 Jam yang diselenggarakan di gedung PKM Jember pada tahun 1996.

Dan setelah itu para pekerja seni di komunitas tersebut aktif bergerilya di acara-acara kampus baik itu jambore, festival dan acara-acara profit berkedok musik lainnya. Dan yang paling mengenaskan adalah penyeragaman musik yang penyeragaman yang dilakukan oleh Event Organizer (EO) yang memaksakan setiap band yang tampil untuk memainkan lagu wajib yang ditentukan panitia untuk kepentingan sponsor. Juga kesempakan berekspresi hanya
di dapat oleh band-band yang memiliki jam terbang dan modal besar.

Hal ini yang mendasari TRC untuk membuat event yang mandiri dan bebas dari berbabagai kepentingan (sponsor), pertama kali digelar di akhir tahun 1998 di sebuah gudang kecil di UNMUH Jember, sebagai protes dan kritik budaya ruang ekspresi seni oleh korporasi dan EO, dengan tema acara mengusung equality, kesetaraan. GBT berlangsung hingga sekarang (GBT#7) walaupun TRC bubar di kisaran tahun 1999. Tapi semangat nya masih tetap ada.

Kali ini Gerilya Bawah Tanah yang ke-7 di gelar dua hari pada tanggal 27 dan 28 September 2012 di Pantai Papuma, pantai yang indah dan lanskap alam yang mempesona. Selain acara musik disana juga ada berbagai acara yang tak kalah seru lainnya, seperti art exhibition, workshop, games, dapur umum, lapakan merchandise, teman-teman baru dan masih banyak lagi acara seru lainya!

Dengan mengontak teman-teman disana kami pun ikut berpartisipasi di acara tersebut, sudah sekitaran 36 band yang tercatat dari target 50 band yang perform. Dan tentunya tak ada ROCKSTAR disini!! AYO!! Sampai jumpa di Papuma!!

-wildernbobsociety-
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
note : - ini hanya catatan sekilas dan ditulis tanpa seizin teman-teman di Jember
          - tolong koreksi jika ada kesalah penulisan dan penyampaian indormasi
          - bagi yang akan datang sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan dan membawa 
            beberapa   amunisi personal yang dibutuhkan agar saat di GBT menjadi lebih menyenangkan  
           :D
         - untuk info lebih lanjut bisa ditanya ke teman-teman di Jember yang mengorganisir event ini
         - kunjungi juga GBT on FB dan GBT blog